Jakhaback

Lebih dari prestasi, jadilah inspirasi!

Manfaat Kungfu Sebagai Peningkat Kesehatan



Manfaat Kungfu Sebagai Peningkat Kesehatan - Kungfu Shaolin adalah hasil dari pemikiran Buddha, yakni semangat Semangat kungfu Shaolin adalah kasih sayang, harmoni, kerja keras, toleransi, dan agresif. Selain untuk membela diri, kungfu Shaolin juga untuk meningkatkan kesehatan dan semangat. Dengan demikian, lebih jelas kan kalau kungfu sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

Filosofi dari seni bela diri ini adalah hukum alam semesta demi mencapai kesehatan dan kondisi tubuh yang harmonis. Harmonis di sini juga berarti menyeimbangkan antara Yin dan Yang. Yin dan Yang adalah sebuah symbol dari Cina yang menggambarkan keseimbangan antara hawa positif dan hawa negatif. Pada dasarnya, Yin dan Yang bertolak belakang, namun keduanya berasal dari alam, saling bergantung dan hidup berdampingan. Keseimbangan antara Yin dan Yang adalah hal yang penting. Oleh karena itu kebanyakan cabang bela diri kungfu menggunakan simbol Yin dan Yang.

Dengan berlatih kungfu kita dapat menyehatkan syaraf-syaraf yang ada di seluruh tubuh. Kungfu tak hanya sekedar jurus atau teknik bela diri, tetapi juga dilengkapi dengan latihan metode pernafasan yang berguna untuk meningkatkan kebugaran fisik. Kungfu menggunakan teknik pernafasan dengan meditasi.

Meditasi adalah proses rileksasi dengan melakukan pengosongan terhadap pikiran dari segala hal yang membebani, menyenangkan, menakutkan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi adalah proses di mana kita mengomandokan semua organ tubuh kita untuk serileks mungkin.

Salah satu manfaat meditasi adalah untuk kesehatan otak. Orang yang sering melakukan meditasi akan dapat terhindar dari resiko penyusutan otak dan penuaan. Fungsi kekebalan tubuh akan dapat ditingkatkan dengan meditasi.

Salah satu jenis meditasi adalah meditasi chikung yang menggabungkan tiga kekuatan yakni energi, darah, dan cairan tubuh. Dengan demikian tubuh tidak mudah diserang berbagai penyakit. Meditasi ini membawa kita ke keheningan, kemudian membuat semua aliran tubuh menjadi lancar dan kesehatan menjadi lebih optimal. Cara melakukan meditasi ini cukup dengan melakukan pernafasan dari hidung kemudian berkonsentrasi penuh. Ketika bernafas tersebut, energi alam semesta akan terserap dan energy tersebut tersimpan dan disalurkan ke bagian organ tubuh yang sakit. Selain kesehatan, chikung juga dapat membuat diri Anda lebih dekat Tuhan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »

21 komentar

jadi nambah pengetahuansaya tentang ilmu bela diri yang gerakannya seringkali bikin kagum...kung fu, penuh dengan kebinaragaan kesehatan dini untuk bodi kita disini ya kang

Balas

sangat tepat dan super, selain sebagai bela diri kungfu / pencak silat juga sangat bagus untuk kesehatan baik jasmani maupun rohani, intelaktual dan spiritual.

btw keren tuh sakralnya.

Balas

walaupun mempelajari punya orang lain asal itu positif dan bisa membuat kita lebih baik kenapa tidak ya mas,, saya belum pernah belajar kungfu nih :)

Balas

iya kang.. rencana mau ikutan kungfu sih saya :)
banyak manfaatnya

Balas

iya kang.. selain fisik kerohanian kita juga harus kuat kan :)

Balas

iyaa mas.. hidup di dunia ini ambil yg positif2 aje :D

Balas

kungfu itu laki bangett hehehe ,, thank atas infonya mas :)

Balas

jadi kangen tapak suci liat kungfu di atas :)

Balas

haha.. emang laki banget mas :D

Balas

gambar diatas tu teman saya mbak :)

Balas

apa bisa kaya yang di film silat itu mas, seru juga yah bisa kungfu :)

Balas

Yang terpenting adalah mengharapkan berkah dari Yang maha kuasa, dan selalu ingat kekuatan hanya dimiliki Dia semata, keep update..

Balas

weh kren kang, kayak di film film jadinya

Balas

pasti bisa mas.. asal kita mau berusaha :)

Balas

keren, ternyata kungfu banyak manfaatnya

Balas

iya kang emang keren sekaligus menyehatkan :)

Balas

iya kang emang keren sekaligus menyehatkan :D

Balas

Pada dasarnya bela diri itu tujuannya adalah untuk melatih diri, baik dari sisi jasmani maupun rohani. Saya pengen, mas zakaria mau ngambil dimana emang?. Kalau saya lebih tertarik dengan taichi.. hehe

Balas

kalo saya rencana ngambil wingchun aja mas lbh nyaan :)

Balas

Di kediri apa ada tempat latian wingchun?

Balas

lagi nyari mas sama temen gw

Balas

✔ Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan.
✔ Mohon Tinggalkan Komentar Sesuai Artikel di Atas.
✘ Dilarang Memasukkan Link Hidup Pada Saat Berkomentar.
✘ Komentar yang bersifat spam, sara dan ancaman akan langsung di hapus.

 
Copyright © 2015 Jakhaback - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top